Iklan

Iklan

Kumuh dan Jorok, Ruang Terbuka Hijau Gajah Mada Tiban Tidak Ada Perawatan

24JAMNews
31 Juli 2024, 08:19 WIB Last Updated 2024-07-31T01:19:11Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


BATAM | 24jamtop.com : Ruang  terbuka hijau memiliki beberapa fungsi penting dalam kehidupan.  


Fungsi ekologi  Ruang terbuka hijau berfunsi sebagai paru-paru dari sebuah kota atau wilayah. Hal ini dikarenakan seluruh tumbuhan yang ada pada RTH dapat menyerap karbondioksida (CO2), menghasilkan oksigen, menurunkan suhu dan memberikan suasana sejuk serta menjadi area resapan air.


Ruang terbuka hijau juga bisa menjadi tempat rekreasi keluarga atau masyarakat yang menyenangkan.


Penataan ruang terbuka hijau yang sedemikian rupa oleh pemerintah membuat kita dan keluarga dapat menghabiskan waktu disana. Ruang terbuka hijau juga dapat dijadikan arena olahraga.


Tapi lain halnya seperti ruang terbuka hijau yang ada di jalan gajah mada tiban ,kelurahan patam lestari Sekupang ,  seolah tak  bertuan  kondisinya sangat memprihatinkan.


Ruang terbuka Hijau gajah Mada ,tiban Sekupang tersebut sangat ramai di kunjungi masyarakat di pagi dan sore hari yang ingin melakukan olah raga joging, lantai semen yang dipergunakan untuk joging semua sudah rusak parah semen semenya semua sudah berlubang yang sangat membahayakan bagi yang berolah raga .di ruang terbuka hijau (RTH) tersebut tersedia  berbagai fasilitas permainan namun tidak bisa difungsikan akibat rusak.

Di Sana juga terdapat 2 buah kolam yang kotor dan airnya menguning  karena tidak pernah dikuras atau dirawat, salah satu penyebab timbulnya jentik jentik nyamuk akibat genangan air yang kotor tersebut.diduga juga hal tersebutlah yang mengakibatkan meningkatnya penyakit demam berdarah diwilayah tersebut. 


Dari pantauan awak media ini dilapangan fasilitas toilet ditempat tersebut juga sudah beralih fungsi . 


Sahmadin Sinaga anggota DPRD propinsi Kepri yang diminta tanggapannya oleh media ini ketika sedang berolah raga di RTH tersebut mengatakan , ” lokasi sebenarnya sangat bagus sekali sangat strategis dan gampang di jangkau, cuma memang yang harus diperhatikan pada perawatan.


 Bagaimana tempat ini semakin indah dan semakin diminati orang, Untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di sini. jadi pemerintah harus secara rutin memberikan anggaran secukupnya bagaimana supaya lokasi ini semakin bermanfaat buat masyarakat. Karena di kota Batam ini adanya keterbatasan lahan atau lokasi yang bisa kita pergunakan seperti fasilitas umum ini.


 ketika ditanya media ini terkait fasilitas dan kolam kolam yang sudah kumuh dan kotor  sahmadin mengatakan, ” fasilitas yang ada di sini sudah tidak layak lagi. Jadi sudah saatnya sebenarnya diganti ataupun diperbaiki. Bagaimana itu supaya bisa bermanfaat sekaligus untuk kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar sini.


 Saya lihat toilet juga sebenarnya harus ada, bagaimana orang bisa memanfaatkan lokasi ini untuk berolahraga, kalau toilet nya tidak ada. menyebabkan orang harus keluar lagi mencari toilet, nah kan itu membuat repot.


jadi sangat dibutuhkan juga fasilitas toilet supaya lebih maksimal .


 H.muhammad Rudi sebagai wali kota Batam diharapkan lebih peka dan lebih serius memperhatikan  Ruang terbuka hijau tersebut yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas dan diharapkan wali kota Batam bisa memberdayakan dinas dinas terkait yang mempunyai wewenang dalam hal pengelolaan ruang terbuka Hijau tersebut,jangan dibiarkan seolah olah tak bertuan ( jabat)

Komentar

Tampilkan