Iklan

Iklan

Terlantar di Malaysia, Gadis Asal Binjai Sumut Akhirnya Kembali Ke Indonesia

24JAMNews
04 Agustus 2022, 10:17 WIB Last Updated 2022-08-04T04:06:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Deli Serdang | 24jamtop.com : Selama belasan tahun seorang gadis asal Sumatra Utara, akhirnya bisa kembali ke tanah air. 

Hal ini tidak luput dari perhatian dan peran dari Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Utara yang memfasilitasi kepulangan dari negara jiran Malaysia. Kamis (04/8/2022).

Subkordinator Perlindungan BP3MI Sumatera Utara, Mohammad Fuat Wahyudi yang dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut. Selasa 03 Agustus 2022.

Ia menerangkan, gadis itu terlantar karena ibu kandungnya yang merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) non prosedural dideportasi pemerintah Malaysia pada tahun 2012 lalu. 

"Anak itu lahir di Malaysia pada 25 Agustus tahun 2010 lalu. Setelah selesai persalinan, ibunya menitipkan kepada ayah tiri," terangnya. 

Sedangkan ayah tiri yang merawat sang anak di Malaysia saat ini kondisi nya mengidap penyakit skizofrenia. Jelas Mohammad Fuad Wahyudi.

"Lantaran ayah tiri sakit, gadis itu diasuh oleh pihak Pejabat Kebijakan Masyarakat (JKM) Daerah Jelebu, Negeri Sembilan, Malaysia dan ditempakan di rumah kanak-kanak, semacam panti asuhan".

Pada tanggal 22 Juni 2022, pihak JKM Malaysia melalui suratnya meminta KJRI Johor Bahru untuk mencari alamat orangtua gadis yang terlantar untuk dipulangkan.  

"Dari KJRI meneruskan surat pencarian alamat kepada BP3MI. Dari situ, kita berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumut dan Pemko Binjai mencari tahu di mana tempat tinggal. Akhirnya, diketahui bahwa gadis tersebut kediamannya di kota Binjai," sebutnya. 

Setelah itu, gadis yang terlantar dipulangkan dengan maskapai Citilink QG-924 dan tiba di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang pada Selasa 2 Agustus 2022 sekitar pukul 16.00 WIB. 

"Setibanya di tanah air, gadis dijemput pihak keluarga. Lalu dibawa pulang ke rumahnya," pungkasnya.



(Yan)
Komentar

Tampilkan