Iklan

Iklan

Longsor di Sibolangit, 15 Rumah, 1 Masjid & Jambur Tertimbun dan Satu Wanita Uzur Tewas

13 November 2021, 00:23 WIB Last Updated 2021-11-12T17:24:42Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



SIBOLANGIT | 24JAMTOP.COM


PERBUKITAN di kawasan Dusun III Tangguren, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, longsor, Kamis (11/11) sekira jam 23.00 Wib. Akibatnya, 15 rumah warga, 1 rumah ibadah dan jambur tertimbun longsor. Tak hanya, satu wanita uzur tewas tertimbun.


Informasi yang dihimpun dilapangan menyebutkan, akibat tertimpa reruntuhan rumahnya dan material longsor, Massa Tarigan (57) menderita patah kaki. Sementara Rasmiken Br Ginting (67) berada di dalam rumahnya yang tertimbun longsor.


Camat Sibolangit Febri E Gurusinga SSTP MSP membenarkan peristiwa longsor tersebut. Bahkan 12 kepala keluarga korban longsor harus mengungsi ke rumah sanak saudara mereka.



"Penyebab longsor diduga hujan melanda Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang dari siang hingga malam pada hari Kamis 11 November," katanya sembari menambahkan pihaknya membuka dapur untuk membantu konsumsi.


Ada pun 12 kepala keluarga yang menjadi korban terdampak longsor adalah sebagai berikut, keluarga Ponel Bukit tiga orang, keluarga Eriadi Bukit lima orang, keluarga Yoiso Janolo empat orang, keluarga Ngatinem satu orang, keluarga Apriadi dua orang, keluarga Jonri Bukit tiga orang.


Kemudian, keluarga Devana Ginting tiga orang, keluarga Pasti dua orang, keluarga Masa Tarigan satu orang, keluarga Nomen empat orang, keluarga Nelson dua orang, keluarga Painem satu orang. "Totalnya 31 orang yang harus mengungsi.ke rumah sanak saudara," ujarnya.



Tampak, Muspika Kecamatan Sibolangit bersama BPBD dan PUPR melakukan pembersihan material yang menutupi jalan ke perkampungan tersebut dan melakukan pencarian terhadap warga yang hilang.


Kepala Dinas PUPR Deliserdang, Janso Sipahutar mengatakan pihaknya sudah menurunkan alat berat untuk mengevakuasi korban longsor di atas Dusun III Tangguren, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.


"Satu alat mulai tadi malam sudah bekerja. Di lokasi saat ini sudah dua alat bekerja dan 10 menit lagi sampai ke lokasi alat berat kita," kata Janso saat ditemui  ketika membantu warga untuk dievakuasi.


Dijelaskan, pihaknya di lokasi membuka akses jalan ke lokasi longsor. Sebab ada 7 titik longsor yang menimbun jalan dan sudah dibersihkan hingga ke lokasi.



"Untuk korban yang tertimbun sudah ditemukan dalam keadaan meninggal jam 15.00 WIB tadi. Saat ini alat berat tinggal meratakan dan memperbaiki akses dalam permukiman tersebut," tutupnya.


Sekira pukul 16.30 Wib Bupati Deliserdang H.Azhari Tambunan datang kelokasi longsor untuk memberikan bantuan dan dukungan moril. (ok)

Komentar

Tampilkan